Header Ads Widget

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Cara Membuat Website Toko Online Sederhana Namun Powerfull



 Apakah Anda pernah merasa bingung ingin membuat website untuk jualan di internet? Seperti apa bentuknya, dan bagaimana cara membuatnya?
Membuat website untuk jualan online tidak harus ribet sebenarnya. Bahkan tidak harus mengikuti pakem layout website toko online yang ada sekarang.
Kita bisa menggunakan desain layout yang sederhana namun powerfull.
Dulu saya pernah membuat toko online sederhana menggunakan WordPress, yang saya desain khusus supaya orang yang tertarik mau membeli produk bisa langsung mengisi form pemesanan atau setidaknya menghubungi via SMS / telepon.
Contoh web yang simple dan terbukti konversi (alhamdulillah) bisa dilihat pada gambar ini.

toko online sederhana


Konsepnya menggunakan halaman landing page atau squeeze page, yang ditambahi form order pada bagian sebelah kanan (right sidebar), kemudian ditambahi juga info kontak untuk memudahkan orang yang mau menghubungi. Untuk yang model seperti ini, saya sering mengistilahkan dengan model semi toko online.
Untuk pembuatan website toko online ini, dengan 10 item produk sebenarnya sudah cukup sebagai display. Selanjutnya bisa ditambahkan seiring dengan bertambahnya produk.
Mengenai bentuk layoutnya atau struktur website-nya, antara lain bisa disusun seperti berikut (tidak harus sama persis dengan gambar di atas):
  1. Halaman depan “Home”, bisa diisi dengan “squeeze page” atau halaman pengantar maupun latar belakang mengapa harus menggunakan produk-produk Anda.
  2. Halaman “Tentang Kami”, bisa diisi dengan profil singkat usaha Anda.
  3. Halaman “Produk”, diisi dengan foto produk dan deskripsinya, disertai form pemesanan.
  4. Halaman “Blog”, bisa diisi dengan artikel yang berhubungan dengan produk ataupun kegiatan seputar usaha yang dijalankan.
  5. Halaman “Cara Pemesanan”, diisi dengan petunjuk cara pemesanan produk, termasuk metode pembayarannya.
  6. Halaman “Kontak”, diisi dengan alamat, no yang bisa dihubungi, dan form kontak.
Lalu, bagaimana dengan yang full toko online?
Kalau mau yang lebih lengkap dan full, kita juga bisa menggunakan plugin toko online WordPress yang sudah banyak tersedia. Di plugin tersebut, kita bisa menambahkan fitur shopping cart, katalog produk, dan lain sebagainya. Atau bisa juga dengan menggunakan themes WordPress yang sudah support toko online.
Semoga bermanfaat.

Post a Comment

1 Comments

  1. Terimakasih infonya gan, lebih enak lagi kalau jualan online via jasa shopious gan :D pusatnya toko online :D

    ReplyDelete

referrals adstera