Header Ads Widget

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Belajar Melodi dengan Membaca tabulasi/Tablatur gitar

Di zaman yang serba canggih ini, orang tidak lagi perlu repot-repot untuk mempelajari sesuatu. Semuanya sudah di sediakan tinggal bagaimana kita berusaha menemukannya. Salah satunya adalah ketika kita ingin belajar melodi gitar. Kita tidak harus mengerti membaca partitur/ not-not balok cukup membaca tab saja bisa. Demikian juga tab tersedia mulai dari versi manual hingga yang dapat langsung di akses secara online. Belajar melodi gitar memang tidak jauh dari yang namanya membaca nada-nada yang biasanya di sebut tab atau tabulasi/tabulatur. Mengapa saya katakan membaca karena kita hanya perlu membaca dan memahami maksud dari tabulasi yang disediakan. 

Apakah itu membaca tabulasi gitar itu susah? Jawabannya terletak pada masing-masing orang. Ketika kita berada di bangku sekolah dasar pasti juga ketika kita sudah belajar sekian tahun pasti aktivitas membaca bukanlah sesuatu yang susah. Begitu juga dengan membaca tabulasi.Seperti ada pepatah mengatakan bisa karena biasa.

Nah, untuk membaca tabulasi gitar terlebih ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dahulu.


#1 Tunning Gitar


belajar gitar, belajar melodi, cara membaca tab, tabulasi
Perhatikan pada gambar di atas bagian yang di tandai dengan huruf E-A-D-G-B-E adalah nada dari masing-masing senar dan ini merupakan tunning standar. Jika tunning gitar kalian belum seperti ini silahkan baca cara menyetem gitar di sini
Catatan : Tidak semua lagu menggunakan tunning standar, GNR adalah salah satunya.


#2 Nada Melodi


Nada melodi ini umumnya menggunakan angka/ nomor yang tersebar pada tab. Maksud dari angka/nomor tersebut adalah angka pada fret serta senar gitar.
Untuk lebih jelas, lihat gambar di bawah ini !
belajar gitar, belajar melodi, cara membaca tab, tabulasi
angka 12 10 dan seterusnya di atas adalah nomor fret gitar yang harus kalian pilih dan tekan. Perhatikan juga posisi angka tersebut pada garis yang mana. Untuk gambar di atas, angka/nomor tersebut berada pada garis kedua dari atas yang berarti pada posisi senar nomor 2.
Catatan : Selalu lihat angka/nomor serta posisi senarnya !


#3 Simbol


Tidak jarang kita sering menjumpai berbagai simbol yang muncul pada tab tersebut. Tentu kadang-kadang kita dibuat bingung dengan arti dari simbol-simbol tersebut.

Berikut maksud dari simbol-simbol dalam tabulasi
L - tied note
x - dead note
g - grace note
(n) - ghost note
> - accentuded note
NH - natural harmonic
AH - artificial harmonic
TH - tapped harmonic
SH - semi harmonic
PH - pitch harmonic
h - hammer on
p - pull off
b - bend
br - bendRelease
pb - preBend
pbr - preBendRelease
brb - bendReleaseBend
\n/ - tremolo bar dip
\n - tremolo bar dive
-/n - tremolo bar Release up
/n\ - tremolo bar inverted dip
/n - tremolo bar return
-\n - tremolo bar Release down
S - shift slide
s - legato slide
/ - slide into from below or out of upwards
\ - slide into from above or out of downwards
~ - vibrato
W - wide vibrato
tr - trill
TP - tremolo picking
T - tapping
S - slap
P - pop
< - fade in
^ - brush up
sumber: tab.ultimate-guitar.com

Saya rasa ketiga poin di atas adalah poin penting yang perlu diketahui ketika ingin belajar membaca tabulasi gitar secara manual. Tetapi kalau kalian punya komputer di rumah ada baiknya menginstal software guitar pro.  Software nya dapat kalian  download di sini dan cara membaca tabulasinya dapat kalian baca di sini.

Hal penting yang harus kalian ingat adalah TIDAK SEMUA TABULASI BENAR karena tidak jarang banyak juga yang keliru. Oleh karena itu, pastikan kalian juga mendengarkan lagu yang asli dan menyesuaikannya dengan tab yang kalian punya. Untuk tab sendiri dapat kalian lihat di ultimate-guitar.com

Nah, sekian pembahasan saya kali ini, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

referrals adstera